Kamis, 22 Desember 2011

beberapa fungsi dan kegunaan cara menjalankan control panel pada windows7

1.)         Fungsi UAC (User Account Control) di Windows 7
Mungkin anda pernah mendengar dari orang-orang di sekliling anda kalau Windows 7 sekarang lebih sulit dan kebayakan meminta konfirmasi. Mau install ini minta konfirmasi, mau menambah ini minta konfirmasi, mau melakukan apa saja selalu minta konfirmasi. Beberapa orang menyebut, windows sekarang “kebanyakan tanya” tidak seperti Windows XP, tinggal sekali pencet tombol klik selesai. Kalau anda menjumpai hal yang sama, yang seperti inilah yang dinamakan dengan User Account Control (UAC) pada Windows. Microsoft memulai menerapakan UAC pada Windows Vista dan terus menyempurnakannya pada Windows 7.
User Account Control adalah fitur Windows yang akan membantu anda tetap mengendalikan system dengan cara mengkonfirmasi user (Dalam hal ini anda sendiri) apakah menyetujui perubahan tersebut atau tidak. Jika setuju, maka UAC akan meneruskan perintah dan jika anda tidak setuju maka tidak akan ada perubahan system.
Ketika sedang menggunakan komputer untuk melakukan tugas biasa seperti seperti membaca eMail, membuat dokumen Word-Excel, mendengarkan musik dan tugas sederhana yang lain, semua User Account bisa menggunakannya dengan mudah. Tetapi, ketika menggunakan untuk melakukan tugas dengan level administrator (Sebagai contoh menginstall program, menghapus program dan yang sejenis), UAC akan memberitahu apakah anda memberi izin atau tidak. Jika pada saat itu anda login menggunakan Administrator (Atau user lain dengan level yang sama) maka anda tinggal klik tombol Yes untuk mengizinkan atau klik tombol No untuk membatalkan.
Jika sedang menggunakan user biasa, anda tidak bisa memberikan perintah apakah mengizinkan atau menolak perintah. Jika ingin memberi izin, anda harus login terlebih dahulu dengan menggunakan user dengan level Administrator. Masukkan username dan password Administrator, kemudian berikan izin pada UAC untuk mengerjakan perintah anda. Untuk sementara waktu, user yang sedang anda gunakan memiliki hak dengan tingkat Administrator dan akan berakhir ketika “keseluruhan printah” yang dijalankan selesai.

Karena hal inilah, fungsi UAC lebih powerfull untuk mencegah komputer dari serangan Spyware atau Malware karena setiap perubahan yang dilakukan selalu melewati autentikasi dari pengguna komputer. Tidak seperti Windows XP maupun OS versi sebelumnya yang tanpa melalui autentikasi ini. Setiap melakukan perubahan, UAC akan melakukan konfirmasi apakah perubahan itu memang yang diinginkan oleh si pemilik komputer atau tidak. Jika ada virus, malware atau apa saja, pengguna komputer bisa tahu dan bisa memblokir serangan tersebut.
Kepada pengguna Windows 7, Microsoft menyarakan agar menggunakan user biasa untuk kegiatan sehari tanpa harus menggunakan account Administrator. Jika ingin menambahkan sesuatu pada Windows, system akan meminta izin dengan cara meminta password dari Administrator. Jika password yang dimasukkan salah, maka tidak ada izin untuk melakukan perubahan dan jika password yang dimasukkan benar, perubahan akan segera dilakukan.

Untuk melakukan perubahan Control Pada User Account Control, ikuti petunjuj di bawah ini:
  • Buka Control Panel
  • Klik System and Security
  • Klik Action Center
  • Klik Change User Account Control Settings
  • Lakukan perubahan sesuai dengan keingingan.
  • Jika sudah selesai, klik tombol OK.
Di bawah ini adalah penjelasan mengenai beberapa pilihan setting yang ada di User Account Control:
Always notify : Jika memilih pilihan ini, setiap dilakukan perubahan UAC akan meminta konfirmasi, termasuk jika anda sendiri yang melakukan perubahan. Pilihan ini cocok digunakan jika anda sering menginstall dan mencoba aplikasi baru di Windows atau sering mengunjungi situs-situs baru yang belum bisa dipastikan keamanannya.
Default – Notify me when programs try to make changes to my computer:
Sama seperti pilihan sebelumnya, bedanya jika anda sendiri yang melakukan perubahan, UAC tidak akan meminta konfirmasi lagi. Direkomendasikan jika setiap harinya anda mengunjungi website yang memang sering dikunjungi banyak orang.

Notify me when programs try to make changes to my computer (Do not dim my desktop)
Fitur ini adalah hal baru pada Windows. Biasanya ketika UAC meminta konfirmasi anda, layar akan sedikit redup dan akan muncul kotal box kecil sebagai tanda peringatan. Kotak inilah yang nantinya akan anda gunakan untuk melakukan konfirmasi atau tidak. Jika memilih setting ini, UAC tidak akan meredupkan cahaya pada layar dan memberikan perintah pada Windows untuk melanjutkan tugas.
Never notify :
Settingan ini adalah pilihan yang paling rawan terhadap serangan malware atau spyware. Anda tidak akan tahu kalau spyware, malware atau virus sedang mencoba menginsfeksi komputer. Efeknya, komputer menjadi lebih lambat akibat dari pemmakaian resource dari malware atau spyware.
Setiap akan melakukan perubahan pada Windows, UAC akan melakukan konfirmasi pada anda apakah memang diinginkan atau tidak. Perubahan tersebut dibagi menjadi beberapa tipe dan setiap tipe akan memberikan konfirmasi yang berbeda. Berikut beberapa tipe konfirmasi yang akan dimintakan kepada anda sebagai pengguna windows beserta icon (Gambar notifikasi) yang muncul pada box dialog.
A setting of feature that is part of windows needs your permission to start.
Fitur ini sudah disetujui oleh Microsoft sebagai salah satu bagian dari windows dan aman untuk dijalankan. Tetapi jika belum yakin untuk menjalankan fitur ini, anda bisa memblokir fitur ini untuk tidak dijalankan pada komputer yang sedang anda gunakan.
A program that is not part of windows needs your permission to start.
Aplikasi yang akan dijalankan telah terverifikasi oleh Microsoft sebagai salah satu aplikasi yang bermanfaat. Tetapi, jika anda sediri tidak ingin menjalankanya anda bisa membatalkan perintah dengan menekan tombol Cancel agar tidak diteruskan.

A program with an unknown publisher needs your permission to start.
Kalau seperti ini, aplikasi yang sedang dijalankan belum mendapat verifikasi resmi dari Microsoft. Jika yakin kalau program ini tidak berbahaya, anda bisa melanjutkannya dengan memberikan izin agar dijalankan di windows.
You have been blocked by your system administrator from running this program.
Kalau yang muncul peringatan seperti ini, artinya windows mendeteksi kalau program ini berbahaya dan tidak akan mengizinkan program untuk mengakses system. Untuk menjalankan program seperti ini, anda harus menghubungi administrator dari komputer yang sedang anda gunakan. Biasanya program seperti ini memang program berbahaya dan mengakibatkan kerusakan pada windows.


seperti yang telah kita ketahui, Windows 7 sudah lebih baik dalam hal booting dan startup dibanding dengan pendahulunya yaitu Windows Vista. tapi, semakin lama kita menggunakan windows 7, maka akan semakin banyak pula program atau software yang kita instal dalam perangkat kita, dan secara tidak langsung juga dapat mempengaruhi proses booting dan startup perangkat pc atau laptop kita. pada kesempatan kita kali ini, akan dibahas tentang tips dan trik yang dapat dilakukan untuk mempercepat dan memaksimalkan proses booting dan startup windows 7 pada perangkat kita.
dariWindows 7 hanya memerlukan waktu sekitar 15-17 second untuk proses booting pada core 2 duo 2.2 GHz dan 1 GB RAM dibanding dengan windows vista yang membutuhkan waktu sekitar 20 second.

kita dapat meningkatkan proses booting tersebut menggunakan tips sederhana seperti dibawah ini.

1. Non-aktifkan Search Indexing Feature di windows 7
  • Klik Kanan pada 'Computer'  dan pilih 'Manage'
  • Klik 'Service and Aplication' dan pilih 'services'
  • Cari ' Windows Search' lalu klik kanan dan pilih 'Properties'
  • Windows Search Properties Window akan terbuka, pada 'startup type' ubah menjadi 'disable'.
Sistem ini jarang digunakan oleh kita, search indexing pada windows 7 akan mencari sebuah file sehingga dapat ditemukan dengan cepat, layanan ini berguna jika seseorang sering melakukan pencarian dalam sistem anda.

2. Non-aktifkan theme Windows Aero
Jika sobat termasuk dalam orang yang mencari kinerja lebih dalam menggunakan windows 7 dan mengesampingkan penampilan, maka cara ini dapat sobat jadikan alternatif dalam mempercepat kinerja dan booting windows 7 sobat. caranya :
  • Klik kanan pada desktop, lalu pilih 'Personalize' dan klik 'Windows Color'
  • Hilangkan centang pada ' Enable Transparency ', klik 'save setting'.
  • Dan terakhir pilih theme 'Windows 7 Basic'


3. Non-aktifkan Visual Effects yang tidak diinginkan 
Walau sudah tidak menggunakan windows aero, tapi masih banyak visual effect yang dapat kita minimalkan, sehingga dapat mempercepat proses booting dan startup.
  • Klik kanan pada 'Computer' dan pilih 'Properties'
  • Klik 'Advanced System Settings' lanjutkan dengan memilih tab 'Advanced'
  • Pada 'Perfomance' pilih 'setting'
  • Sekarang hilangkan semua tanda centang kecuali empat opsi terakhir, atau sobat dapat juga memilih mana yang diinginkan.
4. Buang Gadget
Dengan membuang gadget yang kita gunakan dan mengurangi beban widows 7, maka akan membuat proses booting dan startup windows 7 akan menjadi lebih cepat, jika ingin menggunakan gadget, sebaiknya gunakan yang perlu saja.



3.)     Fungsi dan kegunaan network connectionspada windows7 salah   satunya DNS
DNS (Domain Name System) ialah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer.
Fungsi DNS di Internet adalah untuk mengerjakan pengalamatan dan penjaluran (routing), sehingga saat kita mengetikkan misal : www.google.com maka DNS server akan mencarikan alamat IP address dari host yang bersangkutan.
Alamat DNS yang disediakan oleh provider ISP seringkali kinerjanya lebih lambat bila dibandingkan DNS server milik Google dan OpenDNS. (Definisi lambat disini adalah saat pencarian (lookup) alamat website di internet), Maka untuk mengatasi masalah diatas kita perlu mengganti setting default DNS Server ISP dengan alamat DNS Server lain seperti Google Public DNS ataupun OpenDNS.
Merubah DNS juga bisa dilakukan bagi orangtua yang ingin membatasi internet dirumahnya supaya anak tidak bisa mengakses situs porno dengan mengganti Setting DNS-nya dengan DNS Nawala.

Berikut cara merubah setting DNS server di Windows 7 dan Windows XP

Untuk mengubah Setting DNS di Windows 7

  • Masuk ke Control Panel | Network and Internet | Network Connections
  • Akan muncul daftar network adapter yang terinstall di komputer anda.
    Pengguna internet di rumah dan kantor biasanya harus merubah setting Local Area Connection sedangkan pengguna Laptop/Notebook/Modem 3G akan menggunakan Wireless Network Connection.
  • Klik kanan Local Area Connection atau Wireless Network Connection dan pilih Properties.
  • Pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) dan klik tombol properties

  • Isi kotak isian “Use the following DNS server Addresses”:
    (Infoteknologi.com mengisinya dengan DNS dari Google, untuk DNS lain lihat di bagian akhir artikel)
Preferred DNS server: 8.8.8.8 Alternate DNS server: 8.8.4.4
  • Tekan Tombol OK untuk menyimpan pengaturan DNS.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar